PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MELALUI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA

Putri Auliany Siregar, Syawal Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika interatif melalui macromedia flash yang valid, praktis dan efektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and develompment (R&D). Model pengembangan media ini pernah dikembangkan terutama berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, diperoleh statistik dari validasi ahli materi dengan persentase rata-rata skor 91,96% berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi media dengan persentase rata-rata skor 89,5% berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan dilihat hasil persentase angket respon guru dengan persentase rata-rata 88,3% dan respon siswa dengan persentase rata-rata 75%, sehingga secara keseluruhan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran matematika interaktif melalui macromedia flash dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Medan dengan skor N-Gain dengan rata-rata sebesar 74,13.

Keywords


ADDIE, Macromedia Flash, Media Pembelajaran Interaktif, Representasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Alkhasannah, R., Fauzi, K. A., & Rangkuti, Y. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Melalui Pembelajaran Case Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi MatematiS. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 84-95.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3184.

Susetyaningsih, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Macromedia Flash pada Materi Fungsi Kuadrat SMA Kelas X. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 147. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3703

Wulandari, T. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 195–210. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12598

Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519–530.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.