PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DENGAN STRATEGI TALKING STICK

Muyasarotul Istiqomah, Heru Kurniawan, Puji Nugraheni

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mulai dari siklus I pertemuan I mencapai persentase 32% dan pertemuan II mencapai 54%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi  pada  pertemuan 1 mencapai 74% sedangkan pada pertemuan II keaktifan belajar siswa mencapai 90%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pra siklus yaitu 29% yang tuntas, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 41% yang tuntas, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 84% yang tuntas. Maka, berdasarkan hasil penelitian ini diketahui Penerapan Model Kooperatif tipe Think Talk Write dengan strategi Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas edisi revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astawan, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran cooperative Tipe Think Talk Write (TTW) dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada siswa kelas V SD Negeri 4 Seraya Barat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 445-460. doi:10.37329/cetta.v4i3.1468.

Devi, K. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 233. doi:10.23887/mi.v26i2.36079

Hidayat, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 29-36. doi:10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i1.345.

Keliwulan, D. (2021). Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika Unnpati, 40-45.

Moleong, L. j. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ratumanan. (2015). Belajar dan pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Sahrul, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Think- Talk-Write (TTW) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru. Jurnal Jendela Matematika, 45-54.

Soselisa, Novita Jenianis. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Application of Think Talk Write Model To Improve Junior High School Students ’. Jurnal Pendidikan Matematika, 51-56. doi:https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp51-56

Susanto, D. (2020). Perbandingan Think Talk Write (TTW) dan pembelajaran langsung dengan Talking Stick (TS) ditinjau dari prestasi dan kemandirian belajar. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 365-375.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.