PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1-9.
Bina, N. S., Ramadhani, R., Sihotang, S. F., & Nasution, R. (2022). PENGARUH ICAP MODEL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 195-203.
Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1-12.
Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah pada materi pola bilangan. Journal on Education, 1(2), 156-162.
Marium, A., Astuti, H. P., & Umayah, Y. (2019). Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Self Concept Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 139-148.
Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 31-49.
Nurlaili, N., Fitri, D. Y., & Yusri, R. (2023). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 DUA KOTO KABUPATEN PASAMAN. INSPIRAMATIKA, 9(1), 20-30.
Purwadi, I. M. A. (2022). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA BELAJAR BERBASIS DIGITAL “KAHOOT!” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 81-88.
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357.
Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.
Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Hapsari, M. A. P., & Cahyaningrum, D. A. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah Matematis pada materi pecahan siswa kelas III SDN 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 188-194.
Setiawan, Y. (2020). Pengembangan model pembelajaran matematika sd berbasis permainan tradisional indonesia dan pendekatan matematika realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12-21.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.
WULANDARI, F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Himpunan Kelas VII (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University, Semarang).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.472
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |