PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Yusrika Munthe, Denny Haris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 27 Medan sekaligus untuk mengetahui ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan biasa. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experimental designs berjenis nonequivalent control group designs dan dilaksanakan pada 29 Januari s.d. 12 Februari 2024 di SMPN 27 Medan. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas VIII-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan pendekatan matematika realistik sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan pendekatan biasa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai  sebesar  dan nilai  pada taraf signifikansi  dengan derajat kebebasan 62 sebesar . Selanjutnya nilai nilai  akan dibandingkan dengan . Karena , maka  diterima dan  ditolak sehingga disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 27 Medan. Selain itu, ketuntasan individual siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada ketuntasan individual siswa yang diajarkan dengan pendekatan biasa.

Keywords


Ketuntasan Belajar; Pemecahan Masalah Matematis; Pendekatan Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1-9.

Bina, N. S., Ramadhani, R., Sihotang, S. F., & Nasution, R. (2022). PENGARUH ICAP MODEL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 195-203.

Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1-12.

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah pada materi pola bilangan. Journal on Education, 1(2), 156-162.

Marium, A., Astuti, H. P., & Umayah, Y. (2019). Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Self Concept Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 139-148.

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 31-49.

Nurlaili, N., Fitri, D. Y., & Yusri, R. (2023). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 DUA KOTO KABUPATEN PASAMAN. INSPIRAMATIKA, 9(1), 20-30.

Purwadi, I. M. A. (2022). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA BELAJAR BERBASIS DIGITAL “KAHOOT!” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 81-88.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357.

Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.

Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Hapsari, M. A. P., & Cahyaningrum, D. A. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah Matematis pada materi pecahan siswa kelas III SDN 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 188-194.

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan model pembelajaran matematika sd berbasis permainan tradisional indonesia dan pendekatan matematika realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12-21.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

WULANDARI, F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Himpunan Kelas VII (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University, Semarang).




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.