PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anselmus, Risalah.D., & Sandie. (2021). Pengembangan Instrumen Tes HOTS dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Sungai Kehidupan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4):371-378. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i4.14295
Ariyana, Y., Pudjiastusi, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Daulay, M.S. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Parabola Di SMA Swasta Prayatna Medan. Skripsi. Medan : Universitas Negeri Medan.
Fahrurrozi & Pratiwi, I. (2023). Pengembangan Instrumen Pengukuran kemampuanan Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1):19.30. https://ejournal.ahs-edu.org/index.php/notasi/article/view/47
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS Higher Order Thinking Skills. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hikmah & Amin, N. (2019). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Mata Pelajaran Matematika di SMA Kabupaten Majene. Jurnail Saintifik, 5(1):1-7. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.191
Pia, N. A. O., Masnur, & Elihami. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap High-order Thinking Skills (HOTS). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2):72–89.
Pradana, I. G.Y., Suma, K., & Sujanem, R. (2021). Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Tiga Level (Three-Tier) Berbasis Marzanao Dimensions Of Learning. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3): 119-128.
Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (1):667–682. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4715
Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmetika Sosial Berbasis Problem-Based Learning bagi Siswa Smp. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1):212–226. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155
Saraswati, P.M.S., & Agustika, G.N.S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2):257-269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susilowati, Y., & Sumaji. (2020). Interseksi Berpikir Kritis dengan High Order Thinking Skill (HOTS) Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 5(2): 62-71. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2850
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.473
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |