PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Sri Novalina Br Sembiring, Asmin Asmin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memastikan instrumen tes HOTS yang dikembangkan valid; (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penggunaan instrumen tes HOTS dan model pembelajaran problem based learning, dan (3) menemukan instrumen tes HOTS yang efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4D yang diusulkan oleh Thiagarajan dan Semel (1974) dan dimodifikasi menjadi 3D, yang mencakup tahap definisi, desain, dan pengembangan. Penelitian dilakukan di SMAS PAB 8 Saentis dengan siswa kelas X.4 dan X.2 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar validasi, dan angket respon. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) instrumen  tes HOTS valid, (2) kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari uji coba 1 ke uji coba 2 dengan menggunakan instrumen tes HOTS dan melalui model pembelajaran problem based learning, dan (3) ditemukan instrumen tes HOTS yang efektif. Soal HOTS sangat penting dan diperlukan untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa. Oleh karena itu guru hendaknya memberikan soal HOTS kepada siswa, agar siswa dapat terus melatih kemaampuan berpikir kritis mereka dengan mengerjakan soal-soal yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa tentang kemampuan berpikir kritis atau kemampuan berpikir lainnya juga sebaiknya mengembangkan soal HOTS seputar permasalahan saat ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Berpikir Kritis; Instrumen Tes HOTS; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Anselmus, Risalah.D., & Sandie. (2021). Pengembangan Instrumen Tes HOTS dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Sungai Kehidupan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4):371-378. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i4.14295

Ariyana, Y., Pudjiastusi, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Daulay, M.S. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Parabola Di SMA Swasta Prayatna Medan. Skripsi. Medan : Universitas Negeri Medan.

Fahrurrozi & Pratiwi, I. (2023). Pengembangan Instrumen Pengukuran kemampuanan Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1):19.30. https://ejournal.ahs-edu.org/index.php/notasi/article/view/47

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS Higher Order Thinking Skills. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hikmah & Amin, N. (2019). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Mata Pelajaran Matematika di SMA Kabupaten Majene. Jurnail Saintifik, 5(1):1-7. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.191

Pia, N. A. O., Masnur, & Elihami. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap High-order Thinking Skills (HOTS). Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2):72–89.

Pradana, I. G.Y., Suma, K., & Sujanem, R. (2021). Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Tiga Level (Three-Tier) Berbasis Marzanao Dimensions Of Learning. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3): 119-128.

Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (1):667–682. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4715

Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmetika Sosial Berbasis Problem-Based Learning bagi Siswa Smp. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1):212–226. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155

Saraswati, P.M.S., & Agustika, G.N.S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2):257-269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susilowati, Y., & Sumaji. (2020). Interseksi Berpikir Kritis dengan High Order Thinking Skill (HOTS) Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 5(2): 62-71. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2850




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.