ANALISIS LITERASI MATEMATIKA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SAMARINDA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui literasi matematika materi statistika siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kota Samarinda. Penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F berjumlah 32 orang dan objek penelitian adalah literasi matematika materi statistika. Instrumen yang digunakan adalah soal tes literasi matematika materi statistika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 siswa subjek penelitian, terdapat 2 siswa (6%) yang memiliki literasi kategori sangat baik, terdapat 5 siswa (16%) yang memiliki literasi matematika materi statistika dengan kategori cukup, terdapat 2 siswa (6%) yang memiliki literasi kategori kurang, kemudian terdapat 23 siswa (72%) yang memiliki literasi kategori sangat kurang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara umum literasi matematika materi statistika siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri Kota Samarinda termasuk kategori sangat kurang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14–22. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p014
Hafiyusholeh, Moh. (2015). Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. Wahana, 64(1), 1–8.
M, D. W. S. S. S. T. (2021). Biostatistika: Buku Ajar. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Mutia, & Effendi, K. N. S. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty and Data Berdasarkan Jenis Kelamin. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 137–148.
Putra, Y. Y., & Vebrian, R. (2019). Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Deepublish.
Takaria, J., & Talakua, M. (2018). the Ability of Statistical Literacy Student Teacher Candidate in Terms of Prior-Ability on Mathematics. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 395–408. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.18768
Trapsilo, T. E. B., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2016). Analisis kesalahan menurut teori newman dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linier dua variabel pada siswa kelas ix smp n 1 banyuwangi. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW, 1–36.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.476
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PHI: Jurnal Pendidikan Matematika published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Adress: FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com ![]() |