PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X FASE E SMA N 8 TANJUNG JABUNG TIMUR

Nisa Ul Khasanah, Sri Dewi, Eni Defitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dampak keterampilan pemecahan masalah   matematis siswa yang menerapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan computational thinking berbantuan scratch. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Fase E SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Timur. Sampel terdiri dari dua kelas: eksperimen dan kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Teknik analisis data statistika deskriptif dan statistika inferensial. Analisis statistika deskriptif menggunakan uji-t dan uji effect size untuk mengetahui besaran pengaruh, serta uji N-Gain untuk melihat peningkatan keterampilan pemecahan masalah matematis sebelum dan setelah dilakukan pembelajaran. Hasil penelitian menemukan terdapat dampak pada pembelajaran matematika dengan pendekatan computational thinking berbantuan scratch., serta terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan pendekatan computational thinking berbantuan scratch.


Full Text:

PDF

References


Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111-126

Liem, I. (2017). Mind, Computational Thinking & Neural Network. Extension Course Filsafat (ECF).

Rachmawati, B.A., Purwanto,S., Sari, P., (2020).Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Konsep Pemahaman Matematis Siswa di SMP Negeri 169 Jakarta.Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2). 59-70

Sanapiah, S., & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34-4

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30.

Syarifuddin,dkk.(2019).Experiment Computational Thinking: Upaya Meningkatkan Kualitas Problem Solving Anak Melalui Permainan Gorlids. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(6), 807-822

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Wing, J. M. (2022). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33-35

Wuryanto, H. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi.

Yasin, Mohamad. (2020). Computational Thinking untuk Pembelajaran Dasar- Dasar Pemrograman Komputer. Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v9i1.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
published by
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari
Adress:
FKIP Universitas Batanghari, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: phi.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.